Sabtu, 02 April 2011

Engkau mengetahui…, dan aku sadar


Wahai tuhanku…
Engkau mengetahui bahwa aku belum mendekatkan diri kepada-Mu dengan amal-amal shaleh
Dan aku tahu bahwa engkau mengampuni semua bentuk dosa, kecuali dosa karena menyekutukan diri-Mu
Engkau mengetahui bahwa aku tidak pernah menjauhi perbuatan jahat yang engkau larang
Dan aku tahu bahwa engkau tidak membebani kami dengan ketakwaan kecuali dengan apa yang kami mampu
Engkau mengetahui bahwa aku tidak menyembah-Mu sesuai dengan keagungan-Mu
Dan aku tahu bahwa engkau mengeluarkan dari neraka orang-orang yang didalam hatinya masih terdapat sebenih iman
Engkau mengetahui bahwa diriku tidak membersihkan dari dosa, sedang engkau telah menghembuskan nyawa kedalam tubuhku ini
Dan aku tahu bahwa engkau menciptakanku dari tanah, menumbuhkanku dari debu, kemudian menempatkanku di muka bumi serta mengujiku dengan setan
Engkau mengetahui bahwa aku telah berenang dilaut bergelombang untuk sampai kepantai perlindungan-Mu dan keselamatan-Mu
Dan aku sadar bahwa engkau telah mengujiku dalam hidup ini dengan hal-hal yang memperlambat perjalananku untuk mencapai kepada-Mu, yaitu istri, anak, sakit, kesedihan dan kegundahan
Engkau mengetahui bahwa aku merindukan untuk bisa berendam didalam lautan rahasia-Mu dan merasakan keteduhan cahayaMu
Dan aku tahu bahwa engkau menciptakan didalam diriku ini kejernihan akal dan juga kebutaan nafsu; semangat ketaatan malaikat dan juga tekat pembangkangan iblis; ketinggian langit dan juga kerendahan bumi; kejernihan amal baik dan juga kekeruhan perbuatan jahat; bara cinta dan juga asap hawa nafsu
Engkau mengetahui bahwa aku ingin sampai kepeda-Mu sebagai seseorang yang tulus dan pasrah
Dan aku tahu bahwa engkau memilih siapa yang engaku kehendaki dan mensucikan siapa yang engkau pilih dengan keutamaan dari-Mu: bukan karena amal mereka, dan dengan kemuliaan dari-Mu: bukan karena hak mereka
Ya Tuhanku…
Itulah sebagian dari yang engkau ketahui tentang diriku dan sebagian yang aku ketahui tentang-Mu. Maka jadikanlah apa yang engku ketahui itu sebagai syafaat untuk apa yang telah aku ketahui, sampaikanlah diriku kepada apa yang engkau ketahui dari apa yang aku usahakan, meskipun diriku memiliki banyak kelemahan dan sedikit sarana untuknya
Dan jangan jadikan pengetahuan-Mu terhadap diriku sebagai penyebab diri-Mu menjauhkan diriku dari-Mu. Dan jangan jadikan pengetahuanku tentang-Mu sebagai penghalang bagiku untuk dapat sampai kepada-Mu
Wahai tuhanku…
Sesungguhnya engakau maha mengetahui dan kami tidak tahu apa-apa dan engkaulah maha penguasa dan pemberi.




2 komentar: